6.2--The New Royal London Hospital
05.49 | Author: Fit tRoo

Rumah Sakit Royal London terletak di Whitechapel, East End of Awalnya bernama "The London Hospital”, namun nama itu diganti menjadi “The Royal London Hospital” oleh Ratu London. Elizabeth II pada bulan Juli 1990. Rumah sakit ini didirikan pertama kali sebagai amal yang ditujukan pada orang miskin dari London Timur pada abad kedelapanbelas, tetapi rumah sakit ini terus berkembang dari rumah sakit sederhana menjadi rumah sakit yang terbesar di London.

The new Royal London Hospital dalam proses pembangunannya membutuhkan total biaya konstruksi sebesar $ 1,2 miliar. Saat ini sedang dalam proses pembangunan dan diperkiraan selesai tahun 2012, rumah sakit ini akan menjadi rumah sakit terbesar di Inggris dan diharapkan mempunyai dampak yang signifikan pada lansekap dii London timur.

The new Royal London Hospital merupakan salah satu bangunan yang memanfaatkan dunia dijital dalam proses desain dan pengembangannya. Strategi BIM dalam proses peranangan dipusatkan pada AutoDesk Architectural Desktop (ADT), sekarang disebut AutoCAD Arsitektur. Semua program-program utama yang digunakan oleh anggota tim juga sebagai sub-kontraktor yang kompatibel ADT, dan berbagai partisipan (architects, engineers, contractor, FM team and client) telah sepakat untuk menyerahkan pada CAD 3D dan Data Management Group. The architectural, structural, and MEP models are regularly combined through Navisworks for coordination checking, clash prevention, and construction rehearsal.This has allowed the coordination of a dizzying number of mechanical, electrical, plumbing, and medical systems. Telah ditemukan sejumlah masalah dan potensi munculnya masalah dalam hal keselamatan "blackspots," terutama untuk pemeliharaan personil, yang sulit dan mahal untuk diatasi. Model yang juga digunakan untuk berbagai analisis termasuk pencahayaan dan akustik studi, analisis struktur dan sistem cladding, dilihat diverifikasi untuk perencanaan dan persetujuan, dan pemetaan dari layanan.

Dari proses desain “The New Royal London Hospital”, saya menyimpulkan bahwa hadirnya dunia dijital pada dunia arsitektur sangatlah bermanfaat bagi arsitek. Pada proses desain dan pengembangan desain, seorang arsitek mampu mengolah ide menjadi sebuah karya arsitektur yang tak ternilai harganya. Selain membantu arsitek dalam proses desain, dunia dijital juga sangat membantu dalam analisis sistem sebuah bangunan misalkan akustik, kenyamanan sebuah bangunan. Analisis akan membantu sang arsitek untuk menyempurnakan sebuah desain.


|
This entry was posted on 05.49 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

13 komentar:

On 11 Maret 2009 pukul 04.16 , Unknown mengatakan...

'The new Royal London Hospital merupakan salah satu bangunan yang memanfaatkan dunia dijital dalam proses desain dan pengembangannya'

kayake bukan salah satu y? sekarang semua highrise bilding gak mungkin kalo gak pake teknologi dijital.

trus kalo disambungin ke tema 2.2 (drawing out demodel) disebutin kalo cad suda tergolong trdisional lo,,,
mereka suda mengeluarkan yang namanya CDD...jauh lebih efisien...
ya.. yang namanya dunia dijital memang selalu berevolusi,, tinggal kita harus pinter update sama yang beginian
sip..

 
On 11 Maret 2009 pukul 05.30 , Fenny mengatakan...

ni sama ni ma topikku, tapi kalo BIM kan nggak cuma cad doang to,,cad nya kan buat output doang,,dalam menganalisis ya tetep pake autodesk 3d max dibantu dengan software pembantu lain kayak section2 sebelumnya

 
On 11 Maret 2009 pukul 06.52 , Gunawan mengatakan...

pembahasannya kurang mendalam nih.
masih terlalu awam.
tapi dah lumayan memberi satu contoh bangunan yang memanfaatkan teknologi digital. memang dunia digital sangat membantu saat ini.
mempercepat, mempermudah kerja dll.

 
On 11 Maret 2009 pukul 08.13 , febriani32654 mengatakan...

'...analisis termasuk pencahayaan dan akustik studi, analisis struktur dan sistem cladding, dilihat diverifikasi untuk perencanaan dan persetujuan, dan pemetaan dari layanan.'

akan lebih baik jika diikuti dengan penjelasan mengenai analisis seperti apa yang dilakukan kaitannya dengan penggunaan software AutoCAD


...begitu

 
On 11 Maret 2009 pukul 08.14 , tiFa mencari dunianya mengatakan...

wah lagi2 ngomongin masalah dijital yakin deh ada abis2nya,, secara bakalan berevolusi tuh dunia dijital, bukan berevolusi,,,
oya? cad dianggap udah tradisional? wahhhh kalu sketch up dianggap apa dong?
tapi yang penting gimana pengaplikasiannya,,ok!

 
On 11 Maret 2009 pukul 09.08 , Fishia Yan mengatakan...

wah..bicarain CAD mungkin bakal butuh waktu bebrapa bulan, karena emang produk CAD ada banyak macamnya.. klo 3ds max, emang bener bisa buat menganalisa, setahuku kok cuma buat 3 animasinya y..
kalau bisa, boleh donk kapan2 dibahas lagi..caranya menganlisa.

 
On 11 Maret 2009 pukul 09.37 , linaichsan mengatakan...

yaya, setuju sama tifa.
basically, sofwer dibuta untuk mempermudah pekerjaan.bukan memperumitnya.
bahkan menurut hanif kara dkk(tim phaeno)semakin rumit sofwer, semakin kurang fruitfull..
begituuh

 
On 11 Maret 2009 pukul 10.03 , R. A Dewi mengatakan...

ooh.. jadi gitu y??
oh ya ngerti2..

 
On 11 Maret 2009 pukul 10.40 , Delia Chandra mengatakan...

oh my oh my

CAD sudah termasuk tradisional? idem sama komentar2 sebelumnya, akan lebih baik kalo dijelaskan lebih lanjut mengenai analisisnya

 
On 11 Maret 2009 pukul 20.20 , fikhar's blogs mengatakan...

bisa lebih mendetail lagi gk pembahasannya?? ak kurang begitu paham..

 
On 11 Maret 2009 pukul 21.40 , Anonim mengatakan...

Fit, saya mw Tanya nih…
Dalam pembuatan rumah sakit ini, penggunaan softwarenya komputernya sampai pada tahap apa? Apa hanya pembuatan desain bangunan aj? Klo simulasi2nya gt ada ga? Misalnya simulasi untuk mengatasi kebakaran..

 
On 11 Maret 2009 pukul 22.13 , nadia mengatakan...

tapi kamu kurang ngejelasin fit, sejauh apa arsitektur digital berpengaruh dalam pembentukan The New Royal London Hospital? cuman ngejelasin bangunan ini dibangun dengan menggunaan AutoCAD. kalo pake AutoCAD, itu udah rahasia umum fit, sekarang juga semua proyek udah pake AutoCAD buat nggambar gambar kerja.

 
On 13 Maret 2009 pukul 07.25 , Fit tRoo mengatakan...

untuk nadia.
wah...emang ak kurang njelasin program apa aj yg d pake dlm perancangan the new royal london hospital.tapi kmu bacanya krang lengkap,ak g blang klo untuk perencanaan cm pke AutoCAD.mungkn gra2 d teks tulisannya pke huruf balok jdi it yang paling nonjol.padahal klo km bca bkan hany AutoCAD yg d pake,karna ada program yg dpake bt analisis pencahayaan,akustik n analisis struktur.
yah...emang d stu ak g ngomongin softwareny si.
makash y ats komennya.ntar de ak belajr lgi ttg materi ini.